KANTOR KEMENAG DHARMASRAYA MENGUCAPKAN SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1440 H "

Rabu, 21 Januari 2015

Sambut Muharam MTsN Koto Baru Laksanakan Lomba Antar Kelas

Juara I PAU 2014
Dharmasraya-Inmas. Dalam memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam, MTsN Koto Baru sebagai satu-satunya Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Dharmasraya menggelar acara yang bertajuk SEMARAK TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARAM 1436 H. MTsN yang dikepalai Drs. Sitar, M.MPd ini mengadakan lomba shalat jenazah, lomba cipta baca puisi bernuansa islam dan PEMILIHAN AKHI UKHTI 2014.  Kegiatan ini diketuai oleh Warsito, S.Pd.I selaku Pembina OSIS, acara tahunan ini berlangsung selama 7 hari dari tanggal 23 sampai 30 Oktober 2014.

Peserta PAU 2014


Cabang lomba shalat jenazah diikuti oleh masing-masing utusan kelas dan Setiap kelas mengirim 1 kelompok yang terdiri atas 1 imam, 4 makmum laki-laki dan 5 makmum perempuan. Untuk memilih kelompok terbaik, lomba ini terbagi atas 2 tahap, yaitu tahap audisi dan tahap final. Pada cabang cipta baca puisi, setiap peserta diminta untuk menciptakan sebuah puisi yang bertemakan hijrah dan kemudian membacakannya di depan dewan juri. Pada setiap cabang lomba, dari 19 peserta utusan masing-masing kelas terpilih 6 peserta terbaik yang akan diperlombakan kembali pada tahap final tanggal 30 Oktober 2014.

Cabang lomba SEMARAK TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARAM 1436 H yang perdana dicetuskan oleh MTsN dengan jumlah murid 851 orang ini adalah Pemilihan Akhi Ukhti (PAU) 2014. Lomba ini merupakan ajang pemilihan siswa-siswi teladan dimana tahun ini merupakan tahun kedua. Ajang ini diikuti oleh utusan tiap kelas secara berpasangan. Jumlah peserta PAU 2014 mencapai 43 pasang dimana jumlah ini meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan jumlah peserta PAU 2013. Seluruh peserta dikarantina selama 7 hari dan selama karantina, para peserta menerima materi dari pemateri yang tak lain merupakan Bapak/Ibu Majelis Guru. Adapun materi yang diterima: Akhlakul Kharimah, Pengetahuan Agama, Adab Berbusana dalam Islam, Public Speaking dan Catwalk.  Selama masa karantina, para peserta juga mengikuti outbond, makan bersama dan shalat berjamah. Selain itu, setiap peserta tak lupa dinilai akhlaknya, kedisiplinan, keaktifan dan juga kemampuan intelektualnya. Acara karantina yang sarat ilmu dan mengasyikkan membuat para peserta begitu semangat. Terbukti dengan kehadiran para peserta setiap harinya meskipun cuaca saat itu sering turun hujan. Setelah melalui masa karantina, para peserta PAU 2014 tampil menarik pada Hari Puncak Pemilihan Akhi Ukhti. Tahun 2014, pemenang Akhi Ukhti 2014 kembali berasal dari kelas 9.6 yaitu Boby Pranata (Juara KSM Matematika Kabupaten) dan Melisa Gisela. Pasangan pemenang ini merupakan siswa-siswi yang memiliki akhlak, kepribadian, dan intelektual terbaik dibanding peserta lainnya. Mereka telah lolos melalui tahap demi tahap, mulai dari masa karantina sampai sesi tanya jawab. Untuk Runner Up I dinobatkan kepada Abdilllah Syafiq (Hafiz 7 Juz) dan Chadi Qatul Jannah, sedangkan Runner Up II diraih oleh Aldo Setiawan dan Wahyu Indah Julika (Atlet Catur Kabupaten). Selain itu juga ada pemenang favorit, the best catwalk dan the best kostum. Kepada para pemenang diberikan piala, piagam, bingkisan dan selempang. Para pemenang PAU 2014 diharapkan menjadi teladan bagi teman-temannya baik dari segi agama, kepribadian dan intelektual.
Pose bersama Pembina OSIS 
 Pada tanggal 30 Oktober 2014, juga dilaksanakan final lomba shalat jenazah dan cipta baca puisi. Dalam tahap final shalat jenazah, terpilih kelompok Kelas IX.6 sebagai juara I, kelompok Kelas VIII.I sebagai juara II dan kelompok Kelas IX.4 sebagai juara III. Kepada para pemenang dihadiahi piala dan bingkisan. Pada cabang cipta baca pusi, pemenang I diraih Endah Panghegar (Kelas VII.2), pemenang II diraih oleh Melfa (Kelas VIII.2) dan pemenang III diraih Ummul Husna (Kelas IX.2). Cabang lomba ini juga menghadiahkan piala dan bingkisan kepada para  pemenang.


Berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Madrasah Tsanawiyah Negeri Koto Baru bertujuan mengasah kemampuan anak didik dan mengembangkan bakat yang dimiliki. Selain itu, kegiatan ini untuk mengajak anak didik mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan yang posiif dan bermanfaat.