KANTOR KEMENAG DHARMASRAYA MENGUCAPKAN SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1440 H "

Selasa, 17 Februari 2015

RA Nurul Ikhalas Sikabau adakan Tour Edukatif ke Kebun Buah SawahLunto


Dharmasraya-Inmas. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan. Pendidikan dapat dilaksanakan tidak hanya di bangku belajar saja akan tetapi dapat dilaksanakan secara terbuka atau di alam bebas. Pagi ini sabtu (14/02) siswa RA Nurul Ikhlas Sikabau melaksanakan kunjungan ke kebun buah resort Kandi Kota Sawahlunto. Rombongan dipimpin oleh Kepala RA Nurul Ikhlas Vera Enjelika, S.Pd diikuti oleh peserta sebanyak 120 orang yang terdiri dari siswa, orang tua dan guru dengan armada sebanyak 15 mobil.

Kegiatan tour edukatif ini dapat terlaksana atas kerja sama antara RA Nurul Ikhlas Sikabau dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Sawahlunto dan resort kebun buah Kandi Sawahlunto. Seluruh siswa sangat antusias mengikuti kegiatan tour edukatif yang dipandu oleh Efri staf kebun buah Kandi Sawahlunto mengunjungi kebun labu kendi, anggur, melon, ketimun, markisa, lengkeng, sawo dan buah naga.

 “Kami sangat senang sekali menerima kunjungan  dari RA Nurul Ikhlas Sikabau ke kebun buah kami ini dan ini merupakan kunjungan pertama dari Kabupaten Dharmasraya “ ujar Efri staf kebun buah.

Acara berjalan dengan lancar dan tertib dan diakhiri dengan kuis berhadiah kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar di beri hadiah buah segar dari pihak kebun buah.

Tour edukatif dilaksanakan berdasarkan dengan tema pembelajaran anak maka siswa akan dikenalkan langsung melalui tema tersebut. Kunjungan edukatif yang pernah dilaksanakan oleh RA antara lain ke kantor pos, kepolisian, rumah sakit dll ungkap Fera kepala RA Nurul Ikhlas.

Dengan dilaksanakan kegiatan tour edukatif ini diharapkan anak akan dapat melihat   langsung sehingga siswa semakin termotivasi dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang monoton di dalam ruang kelas saja. (sarwono)